Minggu, 19 April 2015

Manfaat Dan Khasiat Pisang Batu Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah pisang batu untuk kesehatan, kecantikan dan juga sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa jenis penyakit.


Manfaat Pisang Batu

Pisang batu merupakan tanaman jenis pisang yang memiliki banyak biji dalam buahnya. Pisang merupakan buah manis yang banyak diminta sebagai buah pencuci mulut. Buah yang memiliki berbagai macam jenis ini memang mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh kita, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, hingga beragam meneral.

pisang batu (Musa brachycarpa) memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Buah pisang batu rasanya manis dan memiliki sifat dingin sehingga sangat cocok digunakan sebagai astrigen.

Manfaat dan Khasiat Pisang Batu:

Buah pisang ini dapat dipergunakan sebagai masker pada kulit wajah karena diperkaya bisa menghaluskan kulit. Selain itu, pisang punbermanfaat sebagai pelumas usus, menawar racun, penurun panas, antiradang, peluruh kecing (diuretic), dan laksatif ringan, sementara, akar pisangpun ternyata memiliki khasiat sebagai penawar racun, peredam panas, mendinginkan darah, antiradang, dan peluruh kencing.

Penelitian menunjukan bahwa hati batang pisang pun memiliki kahasiat sebagai penurun panas dan untuk perawatan rambut. Selain itu, cairan hati pisang mengatasi infeksi saluran kencing, menghentikan pendarahan (hemostatik), penurun panas, serta penghitam dan mencegah rambut rontok. Bahkan, buah pisang yang masih muda dan akarnya pun berkhasiat sebagai astrigen atau menyaegarkan. Buah pisang yang masih muda berkhasait antidiare, dan untuk pengobatan tukak lambung.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tepung pisang batu tang diberikan pada tikus dapat mencegah timbulnya tukak lambung (ulcus peptic) jika tikus tersebut diberikan aspirin. Hal itu bisa terjadi akibat meningkatnya sekresi lender (mucus) dilambung.

=================

Itulah manfaat pisang batu untuk kesehatan, baca juga artikel kesehatan tentang manfaat mengkudu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar