Minggu, 21 Juni 2015

Manfaat Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

Berikut ini manfaat dan khasiat daun katuk untuk kesehatan, kecantikan, rambut, juga khasiat daun katuk bagi ibu hamil dan menyusui.


Manfaat Daun Katuk

Daun katuk (Sauropus adrogynus (L) Merr) cukup populer di kalangan ibu-ibu yang sedang memberikan ASI ekslusif kepada buah hatinya, namun bukan hanya itu khasiat daun katuk, Di indonesia, daun katuk sudah menjadi sediaan fitofar maka yang teregistrasi, selain dikemas dalam bentuk kapsul dan tablet, katuk juga menjadi campuran makanan bergizi bagi ibu menyusui. Sebenarnya, manfaat daun katuk tidak hanya itu, daun katuk juga bisa mengatasi gangguan pada kulit seperti borok, bisul, gangguan osteoporosi, serta afrodisiak (meningkatkan gairah seksual), dan mengobati demam.

Kandungan gizi daun katuk sangat baik. Katuk mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B, dan C, protein, serat, efedrin, dan air.

Kandungan vitamin C dalam daun katuk sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari jeruk atau jambu biji. Sebagaimana kita ketahui, vitamin C penting untuk membentuk kolagen (baik untuk tulang, pengangkut lemak, pengatur tingkat kolestrol, komponen baik untuk gusi yang sehat, penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, dan imunitas alami. Kandungan Vitamin A dalam daun katuk juga baik untuk kesehatan mata. Klorofi (yang membantu proses fotosintesa tumbuhan) dalam daun katuk barmanfaat untuk membersikan jaringan-jaringan tubuh kita dari racun, parasit, bakteri dan virus,klorofil juga memiliki fungsi seperti antioksidan.

Namun,selain memiliki khasiat yang dahsyat, katuk juga memiliki efek samping yang dapat mengganggu penyerapan fosfor dan kalsium, menimbulkan gangguan sesak nafas, sulit tidur, tidak enak makan.

Daun katuk dapat mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini kaya vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotema), B, dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, magnesium. Warna gelap karena kadar klorofil yang tinggi. Daun katuk dapat diolah seperti kangkung atau bayam. ibu-ibu menyusui diketahui mengonsumsi daunnya untuk mempelancar keluarnya ASI. Perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina.

Pucuk tunas yang muda dijual orang di indocina dan dimanfaatkan seperti asparagus. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan karena mudah diperbanyak dan biasa dijadikan pagar hidup.

=======================

Nah itulah manfaat daun katuk untuk kesehatan, jangan lewatkan untuk membaca juga artikel kesehatan tentang manfaat daun sirsak dan khasiat kulit manggis untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar